Transformasi Digital: Mudahnya Pengaduan di Aplikasi Dinas Pendidikan Papua Tengah

1 Agu 2024, 14.38 1.235 Views Inovasi

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah memfasilitasi siswa, orang tua, dan masyarakat umum dalam menyampaikan keluhan dan saran kepada pihak sekolah dengan cara yang lebih mudah dan praktis dengan menyematkan fitur Pengaduan Publik pada website disdikpapuatengah.id.

Dengan fitur ini masyarakat, orang tua dan siswa tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor dinas atau menulis surat formal, cukup dengan beberapa klik di smartphone, pengaduan Anda akan langsung diterima dan ditindaklanjuti.

Berikut adalah tampilan dari menu Pengaduan Publik tersebut.

 

Foto tampilan Menu Pengaduan Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Papua Tengah.

Fungsi Utama Tombol Pengaduan

Berikut adalah fungsi menu pengaduan Publik yang terdapat pada website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah.

1. Peningkatan Kualitas Layanan

Keluhan dan masukan yang diterima melalui Tombol Pengaduan dapat memberikan wawasan berharga bagi pihak sekolah untuk memperbaiki layanan, fasilitas, dan sistem yang ada. Ini membantu sekolah untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan.

2. Mengurangi Kendala Administratif

Dengan adanya sistem pengaduan yang terstruktur, sekolah dapat mengurangi beban administratif dalam mengelola keluhan dan masukan. Semua pengaduan dapat diorganisir dan diproses melalui satu platform yang sama, memudahkan pelacakan dan tindak lanjut.

3. Memfasilitasi Komunikasi Langsung

Tombol Pengaduan memungkinkan siswa, orang tua, dan pihak lain yang berkepentingan dapat langsung menghubungi pihak sekolah mengenai berbagai masalah atau cuma sekedar memberikan saran. Dengan fitur ini dapat dipastikan bahwa suara mereka didengar dan dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

4. Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas

Dengan adanya saluran pengaduan yang jelas serta mudah diakses, sekolah dapat menunjukkan komitmennya terhadap transparansi dan akuntabilitas. Semua keluhan dan masukan yang masuk dapat ditinjau dan ditangani dengan cepat dan tepat.

 

Mengakses Tombol Pengaduan

Berikut adalah tata cara jika ingin menyampaikan keluhan dan saran pada menu Pengaduan Publik di website disdikpapuatengah.id

1. Akses Tombol Pengaduan

Tombol Pengaduan Publik ini terdapat di dalam menu Layanan, di menu baris ke-tiga. Oleh karena itu, jika ingin mengakses tombol ini silahkan masuk ke dalam menu Layanan terlebih dahulu. Setelah masuk, silahkan klik menu Layanan Publik di baris ketiga dan melakukan pengisian form pengaduan.

2. Pengisian Formulir Pengaduan

Setelah masuk ke dalam menu tersebut, segera mengisi form pengaduan dengan lengkap seperti, NO. NIK KTP, Nama Lengkap, Email, Nomor Hp dan lainnya. Selanjutnya, setelah mengisi form tersebut silahkan klik tombol submit yang terdapat di bagain pojok kiri bawah . Maka keluhan dan saran kamu akan terkirim secara otomatis.

3. Respons dan Solusi

Langkah terakhir yang harus dilakkukan setelah berhasil melengkapi form pengaduan adalah menunggu respon dan solusi dari pengaduan tersebut.

Baca Juga Berita Lainnya

Jl. Pepera No.11, Siriwini, Nabire Papua, Kabupaten Nabire, Papua 98815

Kontak Kami

Jl. Pepera No.11, Siriwini, Nabire Papua Tengah 98815

disidikpateng@info.com

+62 85 226 213 902

© Copyright 2023. All Rights Reserved Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah